cara menggunakan avidemux

3 Cara Menarik Mengedit Video Dengan Avidemux

Avidemux adalah software yang dapat digunakan di PC dengan sistem operasi seperti Linux, BSD, Mac OS X, dan Windows.

Avidemux dapat memasukkan video dalam format AVI, MPEG, WMV, ASF, MPEG-4, MOV (QuickTime), 3GP, MP4, OGM, dan FLV (Flash Video).
Output video dari aplikasi ini adalah dalam format AVI, m1v / m2v, MPG / MPEG (VCD / SVCD / DVD), TS, OGM, MP4, MKV, dan FLV (flash video).

Fitur yang disediakan oleh Avidemux antara lain mengedit video (cutting, copy, paste, delete), menyimpan video dalam format tertentu,menyimpan audio, menyimpan video tanpa audio, mengkonversi video ke format DVD,

Termasuk video deinterlacing dan konversi DVD ke AVI Video batch, dukungan skrip, dan lainnya.

software edit video ini tersedia gratis di situs penyedia aplikasi resmi populer, jadi jangan bingung.
Untuk pemula,setelah Anda mempelajarinya terlebih dahulu,akan lebih mudah digunakan nanti dan Anda akan siap untuk membuat video.

Cara menggunakan Avidemux

Tidak sulit untuk menggunakan aplikasi edit video ini di PC Anda.
Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut dengan tepat. Ini berlaku bahkan jika Anda baru mengenal aplikasi Avidemux.
Jika Anda pernah menggunakan aplikasi ini sebelumnya, Anda dapat melompat ke langkah 4.

1. Pertama, unduh aplikasi Avidemux dari tautan resmi penyedia perangkat lunak Anda.

2. Jalankan instalasi dengan benar. Ini akan memakan waktu untuk menyelesaikan proses instalasi.

3. Setelah menginstal Avidemux, buka aplikasinya.

4. Buka file video yang ingin Anda edit di menu File. Pilih file video berkualitas baik. Kualitas video menentukan hasil editan.

BACA JUGA :  Bagaimana cara kerja Software Engineering? Simak penjelasan disini

5. Anda perlu menjalankan video yang diperlukan untuk audio dan format video yang disimpan dalam format audio.

6. Buat hasil video menggunakan fitur yang tersedia. Hal yang paling menentukan di sini adalah kreativitas Anda.Semakin banyak kreativitas yang Anda miliki,semakin baik hasilnya.

7. Simpan file dalam format yang diinginkan dan tulis dengan ekstensi.

Cara Mengkonversi Video ke MKV/MP4 dengan Avidemux

Sebelum berbicara tentang salah satu format video MKV, ini adalah format yang semakin populer untuk menyimpan video berkualitas tinggi dalam ukuran yang relatif kecil.
Kali ini, saya akan menunjukkan cara menggunakan Avidemux untuk mengkonversi video ke format MKV / MP4 berkualitas tinggi dalam ukuran kecil.

Avidemux adalah software edit video (open source) gratis yang tersedia untuk Windows, Linux dan Mac OS, jadi tips ini tidak hanya bisa dipraktekkan oleh pengguna Windows.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, format MKV adalah sebuah wadah, jadi ukuran dan kualitas video Anda akan tergantung pada teknologi kompresi video (codec) yang Anda gunakan.

Singkatnya, berikut adalah langkah-langkah untuk mengkonversi video ke format MKV dengan mencoba mendapatkan kualitas tinggi (maksimum) dengan ukuran minimum.

Cara Mengkonversi Video ke MKV adalah sebagai berikut:

Di bawah ini adalah tampilan utama Avidemux sebelum membuka video. Kemudian klik menu File > Open untuk membuka video yang ingin Anda konversi.

cara menggunakan avidemux

1.Pilih MPEG-4 AVC (juga dikenal sebagai x264/H.264) untuk pengaturan video.
Hal ini karena untuk format MKV, codec ini biasanya memiliki tingkat kompresi video paling tinggi (untuk MPEG-4 AVC).
Kemudian klik Configure, atur mode encoding ke Average Bitrate (two pass), dan masukkan nilai Average Bitrate 800 (kbit/s).Pengaturan lainnya tetap sama.

BACA JUGA :  Mudah Cara Buka Paypal dan Platform Gaming Yang diblokir Oleh Kominfo

cara menggunakan avidemux

Jika nanti ternyata kualitas videonya kurang bagus, coba naikkan nilainya menjadi 1000, 1200, atau 1500 (menghasilkan ukuran hasil konversi yang sedikit lebih besar). Kemudian pilih AC3 (Aften) di bagian Audio

avidemux

Klik Konfigurasi dan pilih kecepatan bit audio yang diinginkan (misalnya, 128). Pilih bitrate di bawah video asli (untuk melihatnya, klik menu File> Info dan lihat bagian Audio-> Bitrate). Jika besar, itu hanya meningkatkan ukuran audio di dalamnya.

Kemudian pilih MKV sebagai format. Setelah setup selesai, klik tombol Save untuk memulai proses encoding (konversi).

cara menggunakan avidemux

Dengan pengaturan di atas, saya dapat mengonversi file video dari kamera berukuran 23 MB (* .MOV) ke ukuran akhir sekitar 1,9 MB (* .MKV) dan dari ukuran 60 MB menjadi sekitar 4,6. .. Masih cukup bagus kualitas MB.

Cara Menaruh subtitle dalam video

Biasanya, setelah repot dengan subtitle video yang panjang, file disimpan dalam format pemutar video populer (biasanya .srt), tetapi mungkin juga ada format lain.
Anda dapat memutar video di pemutar Anda dan memuat subtitle sebagai file tanpa masalah besar, tetapi jika karena alasan tertentu Anda ingin video tersedia dengan subtitle, Anda harus memasukkannya ke dalam video dan merendernya bersama.

Dengan Avidemux terbuka, Anda harus terlebih dahulu membuka video tempat Anda perlu menyematkan subtitle. Sangat penting bahwa itu adalah video yang sama yang Anda gunakan sebagai dasar saat membuat subtitle dengan Gaupol, Gnome Subtitle, Aegisub, dll. Dengan begitu, waktunya tepat dan Anda tidak perlu melakukan banyak pekerjaan untuk menyinkronkan.

cara mengunakan avidemux

Untuk membuka video, buka File >> Open dan pilih file video. itu mudah. Anda juga dapat mengklik folder di bawah “File”.

BACA JUGA :  3 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Pemula

Untuk menambahkan file subtitle yang disimpan sebelumnya, klik Video >> Filter saat membuatnya dengan program apa pun. Jendela gambar di atas terbuka dan Anda memilih opsi Teks. Terletak di panel tengah panel kiri. Hanya ada satu pilihan. Klik dua kali dan pilih file subtitle .srt (atau lainnya) dari manajer file. Jika impor dan konversi berhasil, file akan muncul di panel kanan.

Dengan sendirinya! Ekspor video, buka menu File >> Simpan dan pilih nama file akhir dan folder tujuan. Anda juga dapat mengubah format untuk menggunakan beberapa pembuat enkode yang berbeda.

Sekarang Anda memiliki semua video, termasuk subtitle. ??