keybordwindows

Penggunaan Shortcuts keyboard Secara Efisien Dapat menghemat waktu untuk menyelesaikan tugas.

Hi semua kali ini kita akan membahas hal sederhana namun sering kita lakukan dalam sehari-hari diselah rutinitas pekerjaan kita di depan komputer.

Ketika saya mengamati dan melihat sebagian besar rekan kerja dan teman kita sering mereka bekerja di PC mereka namun kebanyakan menggunakan mouse karena mereka tidak menyadari pintasan atau shortcuts atau shortcuts keyboard Windows yang begitu cepat yang akan membuat hidup mereka jauh lebih mudah.

Beberapa orang mungkin mengetahui pintasan atau shortcuts atau shortcuts keyboard ini, tetapi mereka terbiasa bekerja dengan mouse dan kebiasaan lama sulit untuk dilepaskan, benar apa benar nih?.

Pada artikel ini saya akan mengambil langkah demi langkah sehingga Kamu dapat mempelajari pintasan atau shortcuts keyboard yang diperlukan untuk menavigasi sistem operasi Windows Kamu.

Mari kita asumsikan komputer kamu mulai running dan mouse kamu tiba-tiba rusak, Maka sistem pada komputer Kamu tidak dapat diakses dengan mouse.

Pengguna yang tidak menggunakan pintasan atau shortcuts keyboard secara teratur akan benar-benar hilang dan panik ketika terdapat masalah pada komputer mereka. Ok itu mungkin relatif murah untuk mengganti sebuah mouse tetapi bagaimana jika Kamu harus dengan cepat melakukan tugas yang tidak dapat menunggu sampai mouse baru diperoleh atau masalah pc kamu telah diperbaiki?.

Menavigasi Menu Start di Windows XP, Vista, 7, 8, 10, 11

Pertama-tama saya akan menjelaskan cara running aplikasi tanpa menggunakan mouse dan sebagai gantinya menggunakan pintasan atau shortcuts keyboard. Okay setelah startup sistem windows kamu mulai nyala atau running jika Kamu diminta untuk masuk, ketik kata sandi Kamu dan tekan tombol Enter.

Setelah sistem telah sepenuhnya diinisialisasi dengan baik, Kamu akan disajikan dengan Desktop Windows. Sebagai contoh kita akan coba membuka program atau aplikasi Notepad. Ikuti langkah-langkah persis seperti yang dijelaskan di bawah ini:

BACA JUGA :  Edit Foto Menarik Dengan Twibbon Tema Bulan Ramadhan 1443 H

Tekan Ctrl dan Esc untuk menampilkan menu Start atau tekan tombol Logo Windows. Sekarang tekan Panah Atas sampai Kamu dapat melihat persegi panjang pilihan bergerak ke atas di menu Mulai.

Setelah kotak pilihan masuk ke menu Start, tekan Panah Kiri untuk pindah ke bagian kiri menu Start. Kemudian tekan Panah Bawah hingga “Semua Program” dipilih. Tekan Panah Kanan untuk membuka menu “Semua Program”. Tekan Panah Bawah hingga “Aksesoris” dipilih.

Tekan Panah Kanan untuk membuka menu aksesori. Sekarang tekan Panah Bawah hingga item menu Notepad dipilih dan tekan Enter. Ini akan membuka aplikasi Notepad tanpa menggunakan bantuan dari mouse sama sekali memang kelihatan begitu rumit namun cara ini akan berfungsi jika dalam kondisi urgent tiba tiba mouse kamu mengalami kerusakan.

Berbekal pengetahuan pintasan atau shortcuts keyboard dasar ini, Kamu akan dapat meluncurkan atau membuka aplikasi apa pun tanpa menggunakan mouse.

Bekerja Tanpa Mouse di Area Sekitar Desktop

Seringkali pengguna atau user menempatkan ikon di desktop untuk mengakses beberapa aplikasi, file, atau folder yang biasa mereka gunakan dengan cepat.

Bagaimana sekarang jika mouse kamu mengalami kerusakan dan Kamu harus membuka file yang ada di desktop tersebut? Berikut adalah cara menggunakan pintasan atau shortcuts keyboard Windows untuk menyelesaikan masalah diatas:

Langkah tergantung pada situasi saat ini, langkah yang berbeda mungkin diperlukan, jadi ingatlah bahwa Kamu tidak harus melakukan semua langkah.
Tekan tombol Logo Windows dan M secara bersamaan untuk meminimalkan semua Windows. Tekan Ctrl dan Esc secara bersamaan lalu tekan Esc lagi. (Hanya diperlukan dalam kondisi tertentu sehingga Kamu mungkin hanya perlu melakukan langkah ini jika Kamu tidak mendapatkan hasil yang diinginkan dari langkah di bawah).

Tekan tombol Tab dan lepaskan. Terus tekan dan lepaskan hingga Kamu melihat “persegi panjang fokus” yang mengelilingi salah satu ikon di desktop. Jika ada banyak ikon di desktop, Kamu mungkin perlu melihat dengan cermat apakah ada yang menerima fokus yang ditunjukkan oleh persegi fokus.

BACA JUGA :  5 Aplikasi Cleaner Android Terbaik Yang Mudah Anda Gunakan

Juga sesekali gunakan tombol panah untuk melihat apakah Kamu dapat berpindah di antara ikon yang berbeda jika sulit untuk melihat ikon dengan persegi fokus. Biasanya fokus akan berpindah antara Bilah Tugas Windows dan ikon terakhir yang memiliki fokus (sedang dipilih) di desktop saat tombol Tab ditekan.

Setelah Kamu mendapatkan “persegi panjang fokus” pada ikon apa pun di desktop, itu hanya masalah memindahkan ke ikon pilihan Kamu menggunakan tombol panah. Ketika ikon yang diperlukan mendapat fokus atau dipilih, tekan tombol Enter untuk membuka file, folder, atau meluncurkan program sebuah program di desktop.

 

Bekerja dengan Tombol Windows

Langkah kita selanjutnya dalam artikel pintasan atau shortcuts keyboard Windows ini adalah memanipulasi jendela dalam konteks meminimalkan, memaksimalkan, memindahkan, dan menutupnya.

Untuk meminimalkan jendela yang sedang aktif tekan Alt dan Spacebar. Menu Kontrol untuk jendela yang akan muncul. Sekarang tekan N untuk meminimalkan jendela.

Untuk memaksimalkan atau mendapatkan jendela ke keadaan yang dipulihkan ketika diminimalkan ke Windows Taskbar tahan Alt dan kemudian tekan dan lepaskan tombol Tab sampai jendela yang diinginkan dipilih. Ketika jendela pilihan dipilih juga lepaskan tombol Alt yang akan memastikan bahwa jendela akan dimaksimalkan atau dipulihkan tergantung pada keadaan sebelumnya.

Jika Kamu ingin memaksimalkan jendela dari status yang dipulihkan, tekan Alt dan Spacebar. Setelah Menu Kontrol muncul tekan X untuk memaksimalkan jendela. Untuk mengembalikan jendela yang dimaksimalkan, tekan Alt dan Spacebar. Ketika Menu Kontrol muncul, tekan R untuk mendapatkan jendela dari kondisi maksimalnya ke keadaan dipulihkan.

Untuk memindahkan jendela tekan Alt dan Spacebar. Ketika Menu Kontrol muncul, tekan M. Sekarang gunakan tombol panah untuk memindahkan jendela ke lokasi yang diinginkan dan tekan tombol Enter untuk menyelesaikan operasi ini.

Saat Kamu ingin mengubah ukuran jendela, tekan Alt dan Spacebar. Ketika Menu Kontrol muncul, tekan S. Sekarang tekan tombol panah tergantung dari sisi mana Kamu ingin mengukur ukuran jendela.

BACA JUGA :  7 Cara Mengatasi Memori HP Samsung Penuh Tanpa Hapus Aplikasi

Kanan akan membawa Kamu ke tepi kanan jendela untuk ukuran dan panah Bawah akan membawa Kamu ke sudut kanan bawah untuk tujuan ukuran.

Saat menekan tombol kiri terlebih dahulu, Kamu akan dibawa ke batas kiri jendela untuk melakukan pengukuran dari sisi itu. Setelah Kamu memilih lokasi pengukuran dengan menekan panah kiri atau kanan dan panah atas atau bawah, lakukan pengukuran dengan menggunakan salah satu tombol panah.

Setelah selesai tekan Enter untuk menyelesaikan operasi ini. Menekan tombol Esc akan membuat ukuran asli jendela tetap utuh.

Untuk menutup jendela yang sedang aktif tekan Alt dan F4 atau tekan Alt dan Spacebar, lalu tekan C.

Shortcuts umum saat menggunakan Keyboard Windows

Perhatikan bahwa tombol WINDOWS adalah tombol Logo Windows pada keyboard ya, itu mesti diingat.

ALT+TAB

Menampilkan daftar program yang terbuka dan alihkan ke program berikutnya.
(Tekan TAB lagi untuk melanjutkan ke program berikut).

ALT+SHIFT+TAB

Tampilkan daftar program yang terbuka dan alihkan ke program sebelumnya

(Tekan TAB lagi untuk memilih program sebelumnya).

WINDOWS atau CTRL+ESC

Menampilkan Menu Mulai Windows.

WINDOWS+E

Buka Komputer Saya.

WINDOWS+D

Beralih antara Tampilkan Desktop dan Tampilkan Buka Windows.

WINDOWS+M

Minimalkan Semua Jendela.

F2

Ganti nama folder, file, atau pintasan atau shortcuts yang dipilih.

CTRL+N

Buat dokumen baru untuk aplikasi yang aktif.

CTRL+O

Tampilkan kotak dialog Buka dari aplikasi yang aktif.

CTRL+S

Simpan dokumen saat ini dari aplikasi yang aktif.

CTRL+P

Cetak dokumen saat ini dari aplikasi yang aktif.

CTRL+A

Pilih Semua konten dokumen saat ini.

CTRL+X

Potong teks atau objek yang dipilih.

CTRL+C

Salin teks atau objek yang dipilih.

CTRL+V

Tempel konten clipboard ke dalam dokumen aktif.

CTRL+Z

Batalkan operasi terakhir.

CTRL+Y

Ulangi operasi Undo terakhir.

CTRL+B

Buat teks yang dipilih menjadi tebal atau hapus pemformatan tebal.

CTRL+U

Garis bawahi teks yang dipilih atau hapus garis bawah.

CTRL+I

Buat teks yang dipilih miring atau hapus pemformatan miring.

CTRL+F

Menampilkan kotak dialog Temukan.

CTRL+H

Menampilkan kotak dialog Ganti.