Keberagaman yang ada di indonesia bukanlah menjadi pemecah

Keberagaman yang ada di indonesia bukanlah menjadi pemecah,justru menjadi pemersatu bangsa dengan melandaskan pada

Keberagaman yang ada di indonesia bukanlah menjadi pemecah,justru menjadi pemersatu bangsa dengan melandaskan pada

Jawaban:

Keberagaman yang ada di indonesia bukanlah menjadi pemecah,justru menjadi pemersatu bangsa dengan melandaskan pada pancasila

Penjelasan:

Persatuan adalah perserikatan, ikatan, atau gabungan beberapa bagian yang sudah bersatu, sedangkan kesatuan ialah perihal satu keesaan ataupun sifat tunggal.persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh tidak terpecah belah. Persatuan mengandung makna terikatnya suatu bagian/kelompok rakyat yang memiliki jiwa nasionalisme (cinta tanah air) menjadi suatu kesatuan dan kesatuan sendiri ialah suatu keadaan yang dimana seluruh lapisan masyarakatnya mempunyai jiwa nasionalisme dan patriotisme (rela berkorban) sehingga membentuk suatu keutuhan. Beberapa bentuk sikap persatuan dan kesatuan sebagai berikut :

a.       Membina keserasian dan keseimbangan.

b.      Saling mengasihi, saling membina dan saling memberi.

c.       Tidak menonjolkan suatu perbedaan melainkan mencari kesamaan yang ada

d.      Menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi/golongan.

e.    Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.

Tiga makna penting mengenai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yakni sebagai berikut :

a. Rasa persatuan dan kestauan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain.

b. Menjalin rasa kemanuasiaan dan sikap toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan.

c.       Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong menolong antar sesama serta sikap nasionalisme.

Faktor pendorong persatuan dan kesatuan bangsa :

a. Adanya rasa senasib dan seperjuangan

Penjajahan yang dilakukan oleh Belanda maupun Jepang membuat masyarakat Indonesia mengalami nasib yang sama, yakni menerima tindakan diskriminasi dan pelanggaran HAM. Kejadian ini menimbulkan semangat untuk merebut kembali Indonesia dari tangan penjajah, sehingga para pahlawan kita berjuang untuk memerdekakan negara Indonesia kembali. Mengingat perjuangan para pendahulu kita, semestinya bangsa Indonesia dapat menjaga persatuan dan kesatuan negara.

BACA JUGA :  S.Rajaratnam merupakan salah satu pemrakarsa terbentuknya ASEAN yang berasal dari negara

b.Keinginan untuk bersatu

Keinginan untuk bersatu ini telah muncul sejak dahulu lalu para pemuda Indonesia dari Sabang hingga Merauke berkumpul dan mempelopori keinginan untuk bersatu ini melalui sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Semangat ini harus kita miliki guna mendorong persatuan dan kesatuan di Indonesia.

c. Rasa cinta tanah air

Rasa cinta tanah air merupakan cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepeduliaan, dan penghargaan yang tinggi terhadap bangsa, dan negara.

d.      Rela berkorban demi bangsa dan Negara

Sebagai warga negara Indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme kita patutnya memiliki rasa rela berkorban demi bangsa dan negara yang kita cintai ini. Kita dapat melakukan apapun demi kepentingan negara, dan meninggalkan kepentingan pribadi  diatas kepentingan bangsa dan negara.

d.Proklamasi kemerdekaan, pancasila dan UUD 1945, bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia raya, serta bahasa kesatuan bahasa Indonesia.