Cobalah 3 Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome HP

Wajib di coba cara membuka situs yang diblokir Anda pasti akan merasa kesal ketika tiba-tiba situs yang biasa Anda buka menjadi tidak bisa diakses dan muncul notifikasi bahwa situs tersebut telah diblokir.

Biasanya ada dua alasan, yaitu larangan oleh pemerintah karena konten situs dianggap melanggar hak cipta atau tidak pantas bagi masyarakat Indonesia. Kedua, banyak perusahaan dan sekolah memblokir situs web yang dianggap mengganggu aktivitas kerja atau kegiatan belajar mengajar.

Namun jangan khawatir, karena situs yang sudah diblokir dapat diakses menggunakan jaringan pribadi atau VPN, misalnya Surfshark VPN yang dapat Anda unduh dari https://surfshark.com/download. Anda dapat menggunakan VPN ini di berbagai perangkat, mulai dari ponsel Android, iPhone, laptop/PC Windows, Macbook hingga Smart TV.

Selain menggunakan aplikasi vpn, ternyata cara membuka situs yang diblokir bisa tanpa aplikasi tambahan juga. Ada beberapa yang menawarkan layanan gratis untuk membuka kunci situs web yang diblokir ketika Anda mengaksesnya dari ponsel atau laptop Anda.

3 cara membuka situs yang diblokir

Bagi Anda yang sedang mencari cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome di HP Android atau iOS/iPhone, berikut panduannya, baca terus.

Gunakan Layanan VPN

Apa itu VPN? VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang memudahkan pengguna untuk mengakses situs web secara pribadi menggunakan server jaringan lain.

Misalnya, ketika Internet di perusahaan atau sekolah memblokir youtube, Anda dapat menggunakan layanan VPN untuk memilih negara lain sebagai Internet (pribadi) yang kami gunakan di jaringan lokal. Dengan cara ini Anda dapat membuka situs youtube dengan lancar.

BACA JUGA :  Cara Aktifkan GPS Di IPhone Dengan Menyalakan Fitur Layanan Lokasi iPhone

Dengan cara tersebut, Alamat IP perangkat yang kamu gunakan akan dirubah dan tidak ada yang bisa melihat lokasi aslimu.

Menggunakan Proksi Terbuka

Jika Anda tidak ingin repot menginstal aplikasi, daftarkan akun terlebih dahulu dan lainnya. Maka Anda bisa menggunakan layanan website proxy sebagai solusinya.

Situs proxy ini bekerja dengan cara yang sama seperti VPN, yaitu menyembunyikan alamat IP perangkat yang kita gunakan. Beberapa layanan web proxy gratis yang bisa Anda coba adalah Kproxy, Hidester, HMA, Hide.me dan masih banyak lagi.

Meski caranya mudah dan praktis, web proxy ini ternyata memiliki kekurangan, seperti ada yang membocorkan alamat IP dan juga bisa memantau aktivitas online kita.

Selain itu, tim IT dari kantor atau sekolah biasanya menambahkan web proxy sebagai daftar situs yang mereka blokir juga.

Akses berdasarkan alamat IP situs

Cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome di Android, iOS, atau laptop adalah dengan mengakses situs tersebut melalui alamat IP-nya. Cara mengetahui IP address suatu website/situs adalah sebagai berikut:

Cara ini sebaiknya menggunakan laptop atau komputer Windows
Klik Mulai -> Semua Program -> Aksesori -> Prompt Perintah
Atau bisa juga dengan klik “Start” dan di kolom pencarian ketik “CMD”
Setelah layar hitam muncul, ketik “Ping + nama situs yang ingin Anda buka blokirnya) misalnya: “Ping youtube.com” lalu enter
Alamat IP situs akan muncul, dan Anda dapat mengetiknya langsung di bilah alamat browser Google Chrome.

Ini adalah tiga cara yang dapat Anda coba untuk mengalahkan cara mengakses situs web/situs web yang diblokir TI di tempat kerja atau sekolah. Cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan aplikasi VPN, karena setelah instalasi Anda dapat dengan mudah menggunakannya kapan saja.

BACA JUGA :  Inilah Spek Samsung A03 Kelebihan dan Kekurangan